Majelis Istighfar & Shalawat

Menjemput Solusi dengan Istighfar dan Shalawat

A. ISTIGHFAR

Ibnu Katsir rahimahullaah pernah mengatakan, “Barangsiapa yang menghiasi dirinya dengan amalan ini, yaitu memperbanyak kalimat istighfar, maka Allah akan mempermudah rezekinya, memudahkan urusannya dan menjaga kekuatan jiwa dan raganya.”

Diantara manfa’at Istighfar yang dirasakan secara langsung:

  1. Saat lemah, Allah kuatkan.
  2. Saat sakit, Allah sembuhkan.
  3. Saat diuji, Allah mudahkan.
  4. Saat kalut (bingung), Allah beri petunjuk, dan
  5. Saat galau, Allah tenangkan.

Ibnu Qayyim Rahimahullah berkata : “Bila engkau berdo’a, sementara waktu begitu sempit, padahal di dalam dadamu dipenuhi oleh begitu banyak (hajat) kebutuhan, maka jadikan seluruh isi do’amu berupa permohonan maaf kepada Allah. Karena bila Dia memaafkanmu, maka semua keperluanmu akan dipenuhi olehNya tanpa engkau memintanya”.

SAYYIDUL ISTIGHFAR :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma anta robbii laa ilaha illa anta, kholaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mas-tatho’tu. A’udzu bika min syarri maa shona’tu. Abu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abu-u laka bi dzambii. Fagh-firlii fainnahu laa yagh-firudz dzunuuba illa anta.

“Ya Allah, Engkau adalah Rabb-ku, tidak ada ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) kecuali Engkau, Engkau-lah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan (apa) yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu (yang diberikan) kepadaku dan aku mengakui dosaku, oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.”

“Barangsiapa mengucapkan (Sayyidul Istighfar) di siang hari dengan meyakininya lalu dia mati pada hari itu sebelum sore hari, maka dia termasuk penghuni surga. Dan barangsiapa mengucapkannya di malam hari dengan meyakininya lalu dia mati pada malam itu sebelum pagi, maka dia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari dari Syaddad bin Aus Ra).

B. SHOLAWAT

Nabi Muhammad Saw bersabda :

أَوْلَى النَّاسِ بِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلاَةً

“Orang yang paling dekat denganku di hari kiamat nanti adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Mau dekat dengan Rasulullah? Mau mendapat syafa’at Rasulullah? Mau dimudahkan segala urusan?

Mari kita perbanyak shalawat kepadanya. Sebab shalawat adalah amalan yang mendapat jaminan akan diterima oleh Allah Swt. Karena bahkan Allah dan Malaikat saja bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Agar kita memiliki ukuran, berapa setiap hari kita bershalawat? Mari buat target, minimal 1.000x sehari. Apa isinya? ISTIGHFAR DAN SHALAWAT.

Merasa berat dan sulit? insyaAllah kami berikan solusinya. Mari bersama menjadi ahli istighfar dan shalawat. (najmi)

FASILITAS :
Alhamdulillah, dengan segala keterbatasan yang ada, fasilitas yang dimiliki bisa dimaksimalkan untuk kegiatan santri. Berakhlak, Belajar, Beriman, dan Berilmu menjadi hal yang harus diupayakan secara paripurna. Dan semoga bisa terus menambah fasilitas untuk pengembangan program terbaik, aamiiin…

Asrama Putra  • Asrama Putri • Majlis Ta’lim • Gedung SMA, SMP, PAUD Gedung Serbaguna • Fasilitas Olahraga • Lab. Komputer • Koperasi Santri.

Scroll to Top